Skip to main content

About D'Uliners

D'Uliners diambil dari bahasa sunda yaitu ulin yang artinya maen, jalan-jalan, bepergian untuk mencari kebahagiaan dan kesenangan. Ulin-er itu sendiri adalah penggemar, pelaku atau orang yang melakukan kegiatan main, nggak jauh beda dari makna kata slank-er (penggemar slank), play-er (tukang maen), teach-er (orang yang mengajar) dan reader (artiin sendiri) dan lain sebagainya.
Dan satu lagi, Gak ada motif apa-apa dibalik penambahan huruf "s" dan "d" (dibaca -"the) pada kata d'uliners. Hanya terdengar keren dan kekinian aja waktu diucapin. Intinya tidak ada makna filosofi yang mendalam dan maksud yang revolusioner dari kata "d'uliners", dia hanya kata imajenatif yang muncul  begitu saja dari benak saya. Apalah arti sebuah nama, biarkanlah dia diartikan sendiri dan memberi arti, asseek!!. (Ni konteksnya bukan namain anak orang ya).
Siapa yang tau arti google. Sampai pada akhirnya kita sedikit faham dan mengerti kalau denger kalimat, "googling aja!!!" Atau "tanya mbah google!". Intinya dia bermakna saat bermanfaat dan berguna.
Dan Disinilah seluruh kisah perjalanan sang Uliner ditulis.  
Mohon maaf jika ada kemiripan dari nama d'uliners, tidak ada maksud menjiplak, mendompleng, menyinggung, dan menyakiti.

Comments

Popular posts from this blog

PULAU CELAGEN

THE KOLONG

Sebenernya ini bukan tempat wisata tapi entah kenapa media sosial berhasil menyulap lahan pasca tambang ini menjadi menarik dan mengundang penasaran banyak orang.
Orang Bangka manggilnya kolong, atau gubangan besar bekas aktifitas penambangan, belum tahu jenis tambang legal atau sebaliknya, lagian legal atau tidak legal disini sudah jadi hal yang biasa didengar..
Setau saya kawasan pasca tambang ini tergolong lahan kritis, atau lahan yang tidak produktif untuk ditanami jenis tanaman perkebunan, pertanian dan holtikultura. Akhir-akhir ini tidak jarang banyak orang pintar yang mencoba mngubah lahan pasca tambang  menjadi lahan subur dan produktif. Memang bukan keniscayaan, toh ada lahan pasca tambang yang sekarang menjadi kawasan agrowisata dipangkalpinang, terintegrasi dan menjadi subur. intinya-mah bisa kalau ada kemauan.
Letaknya di Desa Air Bara Kecamatan Air Gegas Kabupaten Bangka Selatan, banyak orang mengenalnya dengan sebutan air bara atau aik barre ada juga yang bilang air biru,…

EKSOTIKA PONGOK

Ini untuk kedua kalinya saya berkunjung menuju kecamatan kepulauan Pongok kabupaten Bangka selatan. Setelah pada Februari 2016 lalu saya juga sempat berkunjung ke kecamatan yang sama untuk melihat proses pembuatan ikan kering disentra ikan asin Desa Celagen.

Selain Desa Celagen kecamatan kepulauan Pongok memang memiliki satu Desa lainnya yaitu Desa Pongok, dari hampir 4000 jiwa warga Pongok 90 persennya berprofesi sebagai nelayan. Hasil laut memang menjadi kekayaan andalan dari Desa ini, tidak jauh berbeda dengan Desa Celagen. Jika kedatangan pertama saya ke kecamatan ini untuk mencari tahu potensi hasil lautnya, kali ini saya berniat untuk melihat potensi wisata bahari dan keindahan bawah laut dari Desa Pongok. Rasa penasaran akan keindahan kecamatan ini memang menjadi daya tarik yang saya simpan sejak kunjungan pertama ke Pulau ini, dan syukur Alhamdulillah bisa kesampaian. 

Di temani oleh kawan-kawan dari dinas kelautan dan perikanan Kabupaten Bangka selatan, perjalanan mengeksplorasi…